Home Hama & Penyakit 6 Jenis Hama Tanaman Cabai yang perlu di ketahui, NO 1 perlu...

6 Jenis Hama Tanaman Cabai yang perlu di ketahui, NO 1 perlu diperhatikan

26
0
hama tanaman cabai

Golden Farm 99 – Sudah tahau hama tanaman cabai ? Tanaman cabai merupakan tanaman semusim, mempunyai adaptasi yang luas, dibutuhkan hampir setiap hari. Tanaman cabai mempunyai rasa yang pedas, cocok ditanam pada 1 musim yaitu musim kemarau, tanaman cabai memiliki harga jual yang tinggi.

Tanaman cabai dapat tumbuh dengan baik pada suhu 25°C – 27°C (siang hari) dan pada saat malam hari dengan suhu 18°C -20°C. Kelembapan udara 50%-70%, Curah hijan 600-1200 mm/tahun, intensitas cahaya matahari ± 70%, dekat dengan sumber air.

HAMA TANAMAN CABAI

Serangan hama bisa terjadi pada saat musim kemarau atau musim hujan. Maka, Anda perlu behati-hati agar tanaman cabai kamu tidak mati. Berikut jenis-jenis hama pada tanaman cabai:

Ulat Buah

Ulat buah termasuk salah satu jenis hama yang menyerang tanaman cabai, biasanya ulat buah menyerang pada buah yang sudah siap panen. Ciri-ciri tanaman cabai terserang ulat buah seperti, terdapat lubang pada cabai yang sudah siap panen

Lalat buah

Saat lalat buah menyerang, akan memunculkan banyak titik hitam pada cabai. Jika kamu membelah cabai yang terserang lalat buah, kamu dapat menemukan larva lalat buah. Ciri- ciri tanaman cabai terserang lalat buah, seperti akan membuat cabai lebih cepat busuk, populasi lalat buah akan meningkat tajam di musim hujan.

Kutu Kabul

Kutu kebul akan menyerang bagian daun, sehingga memperlambat pertumbuhan tanaman cabai. Ciri-ciri tanaman cabai terserannng kutu kabul, bagian daun akan dipenuhi bercak yang menandakan rusaknya sel-sel daun. Kuatnya serangan kutu kebul dapat menurunkan hasil panen secara drastis. 

Tungau

Tungau senang hidup di bagian bawah daun tanaman cabai. Bentuknya mirip dengan laba-laba dan senang membuat jaring-jaring halus yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman cabai. Bagian bawah daun tanaman cabai yang terserang oleh tungau akan muncul bercak kecoklatan. 

Kutu Daun

Kutu daun termasuk hama yang paling umum ditemukan pada tanaman cabai. Kutu daun akan menyebabkan tanaman menjadi kering, kekuningan, mudah patah dan lama-kelamaan mati. Perkembangbiakan kutu daun akan meningkat di musim kemarau, untuk itu kamu perlu melakukan pengecekan secara berkala. 

Thrips

Thrips biasanya menyerang tanaman tembakau, umbi-umbian, kopi dan kacang-kacangan. Thrips juga dapat menyerang tanaman cabai pada musim kemarau. Thrips akan meninggalkan noda bercak tak beraturan pada daun. Jika tidak cepat ditangani, infeksi dapat menularkan bagian lain yang masih sehat. 

Itulah jenis hama yang dapat menyerang tanaman cabai. Saat merawat tanaman cabai, kamu perlu melakukan pengecekan secara berkala untuk mencegah hama datang, serta melakukan tindakan yang tepat saat mengetahui tanaman kamu terserang hama. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin menanam cabai. terimakasih

Artikel :6 Jenis Hama Tanaman Cabai yang perlu di ketahui, NO 1 perlu diperhatikan

Keyword : Hama Tanaman Cabai dewata | Hama Tanaman Cabai zahra

Previous article9 Jenis Media Tanam Hidroponik Yang Mudah Di Dapatkan
Next articleMau kulit anda semakin sehat ? konsumsi sayur selada secara rutin ! Berikut ini manfaat sayuran selada untuk kesehatan
Penulis di golden farm 99 - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here