Home Agribisnis Rahasia Bisnis Hidroponik Pemula, Tingkatkan Kualitas Sayur Dan Buah

Rahasia Bisnis Hidroponik Pemula, Tingkatkan Kualitas Sayur Dan Buah

90
0
bisnis hidroponik pemula

GOLDEN FARM 99 – Bisnis hidroponik adalah bisnis tanaman buah-buahan atau sayur yang dilakukan pada lahan yang sempit. Bisnis hidroponik pemula biasanya berlokasi di dalam ruangan.

Bisnis hidroponik pemula memiliki beberapa rahasia apalagi bagi para pemula. Peluang hidroponik untuk pemula sangat mudah dan bisa mendapat keuntungan yang besar. Contoh tanaman hidroponik bagi pemula Pakcoy, Selada, Cabe dan jenis tanaman lainnya. Jika ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi, maka anda harus memilih tanaman yang mudah ditanam menggunakan teknik hidroponik dan memiliki harga jual yang tinggi. Yuk kita ulas bagaimana bisnis hidroponik pemula tersebut.

PELUANG BISNIS HIDROPONIK PEMULA

Beberapa alasan kenapa bisnis hidroponik pemula ini sangat prospektif sebagai berikut:

MUDAH DIKEMBANGKAN

Hidroponik adalah salah satu sistem budidaya tanaman yang sangat mudah dikembangkan. Saat ini sistem hidroponik banyak dipilih para pemula untuk membudidayakan sayu-sayuran seperti bayam, selada, sawi dan kangkung. Langkah ini diambil karena di berbagai pasar modern seperti supermarket, sayuran hidroponik dijual dengan kisarah harga yang lebih tinggi dibanding ditanam yang menggunakan media tanah.

Harga sayuran tersebut berbeda karena sayuran hidroponik tidak menggunakan media tanah sehingga sayuran lebih bersih, memiliki tekstur rasa yang berbeda lebih renyah dan gurih ketimbang menanam menggunakan media tanah, dan lebih sehat karena menggunakan pestisida alami.

TIDAK BUTUH AREA LUAS

Sistem hidroponik bisa digunakan untuk mengatasi masalah kekurangan lahan yang semakin tahun semakin sempit. Diharapkan hidroponik mampu menjadi manfaat untuk masa depan karena mampu dibudidayakan dalam kondisi lahan sempit.

PERALATAN YANG MUDAH DIDAPATKAN

Media atau wadah untuk menanam menggunakan sistem hidroponik. Jika anda memilih menanam hidroponik dirumah, maka anda dapat menggunakan benda-benda disekitar sebagai tempat budidaya hidroponik. Seperti toples, ember, gelaas plastik, botol bekas dan tempat-tempat lainnya yang akan membantu anda memulai menanam hidroponik.

Perlu juga anda pikirkan untuk membungkus wadah-wadah bening dengan melapisinya menggunakan aluminium foil, plastic, maupun cat untuk lebih memastikan cahaya ditolak untuk masuk, jadi memperkecil kemungkinan tumbuhnya lumut. Karena tidak menggunakan media tanah inilah yang dapat memberikan kemudahan lebih bagi anda.

KOMUNITAS BESAR

Saat ini banyak komunitas hidroponik yang hadir secara online atau secara offline. Di komunitas ini anda dapat belajar langsung dari para expartnya.

SUMBER BELAJAR BANYAK

Baik dari YouTube maupun blog, Anda saat ini bisa dengan mudah menemukan cara bertani hidroponik yang cukup gampang bahkan lengkap dengan praktiknya. Memiliki informasi yang cukup lengkap dan bersumber dari referensi terpercaya.

RELATIF MURAH

Menanam menggunakan metode hidroponik ini tergolomg lebih murah dibanding menanam menggunakan media tanah karena takbanyak mengunakan lahan tanam. Hanya saja, bagi sebagian masyarakat masih tergolong tinggi untuk awal mengunakan sistem hidroponik karena harus membeli beberapa peralatan, seperti paralon, ember, selang, dan mesin untuk mengatur sirkulasi air.

TANPA PESTISIDA

Dengan pengelolaan yang baik maka tanaman hidroponik tidak memerlukan bahan kimia yang dampaknya akan meninggalkan residu pestidisa pada pembuangannya sehingga nutrisi yang di dapat adalah nutrisi alami yang akan menjadikan sayuran yang anda tanam sehat untuk dikonsumsi.

TIPS SUKSES BISNIS HIDROPONIK PEMULA

Nah, ada tips nih buat anda yang ingin sukses menanam menggunakan metode hidroponik. Cocok untuk para pemula, inilah tips-tips yang perlu diperhatikan:

1)Tekun, Selalu Mencoba dan Belajar

Memulai bisnis memang tidak mudah butuh ketekunan dan ketelatenan selama menjalankan bisnis ini dan perlu banyak belajar tentang hidroponik. Dengan penempatan pot-pot hidroponik yang mudah dapat menjadi salah satu faktor mengapa budidaya hidroponik ini menguntungkan. Anda dapat menempatkan pot-pot disisi rumah.

2)Carilah Mentor/Pendamping

Layaknya bisnis-bisnis umumnya, sangat disarankan untuk mencari mentor guna meminimalisir kesalahan yang terjadi. Dengan adanya mentor, kita dapat belajar dari kesalahan mereka sehingga percepatan dari bisnis juga bisa lebih maksimal.

3)Tambah Relasi

Relasi adalah suatu yang menyatakan hubungan atau kaitan yang khas pada dua himpunan. Seperti halnya menanam hidroponik, setelah anda panen kemana hasil tanaman hidroponik akan dijual? Nah, disinilah pentingnya relasi. Adanya relasi bisa membuat kita bisa dengan mudah menjual atau mendistribusikan kemana hasil tanaman hidroponik ini dijual. Bentuk relasinya, bisa bekerjasama dengan pihak resto, supermarket, hotel, dan sebagainya.

4)Pahami Strategi dan Teknis Marketing

Guna meningkatkan jumlah pelanggan, Anda harus mempelajari marketing. Bagaimana menjual dan mempertahankan pelanggan. Dengan tingginya angka retensi pelanggan, pengeluaran akan lebih kecil sehingga keuntungan menjadi lebih besar.

TEKNIK SEDERHANA BISNIS HIDROPONIK PEMULA

Adapun teknik-teknik sederhana dalam berbisnis menanam menggunakan sistem hidroponik diantaranya:

1)PERHATIKAN JENIS TANAMANNYA

Tanaman hidroponik yang bisa tumbuh dengan maksimal seperti kangkung, sawi, pakcoy, selada, timun, tomat, cabai dan tanaman sayur-sayuran lainnya. Untuk para pemula sebaiknya dimulai menanam yang lebih mudah seperti sayur-sayuran karena relatif lebih mudah.

2)MULAI BANGUN SISTEM HIDROPONIK

Langkah selanjutnya memilih sistem hidroponik untuk menanam. Ada beberapa sistem hidroponik untuk para pemula yaitu NFT, DFT, drip system, atau wick sistem.

  • NFT (Nutrient Film Technique)

Sistem hidroponik NFT adalah sistem yang kerap digunakan untuk menanam sayuran, seperti selada, pakcoy, sawi, kangkung dan bayam. Caranya dengan membuat selokan dari pipa yang dilubangi. Akar tanaman akan langsung terkena air yang sudah berisi nutrisi.

  • WICK SYSTEM

Wick sistem adalah metode yang paling mudah karena menggunakan peralatan dan bahan yang relatif sederhana. Caranya dengan membuat wadah untuk meletakkan tanaman, lalu akar tanaman akan terhubung dengan air melalui sebuah sumbu yang terbuat dari kain flanel.

  • AIR TETES

Cara ini dengan menanam pada polybag yang telah diisi sekam padi. Kemudian air bernutrisi yang telah ada unsur haranya diatur sedemikian rupa agar dapat menetes.

3)SIAPKAN BIBIT

Selanjutnya, memulai proses penyemaian bibit pada media tanam seperti rockwool. Tunggu sampai ditumbuhi 5-6 daun sejati. Setelah itu bisa dipindahkan bibit tersebut pada sistem hidroponik.

4)PINDAHKAN BIBIT KE SISTEM HIDROPONIK

Setelah dipindahkan, atur air nutrisi pada sistem hidroponik secara berkala. Usahakan melalukan pengecekan setiap hari, misalnya pagi atau sore hari untuk melihat nilai air nutrisi. Pengecekan ini bisa Anda lakukan menggunakan TDS meter.

5)TUNGGU DAN PANEN

Masing-masing tanaman memiliki masa panen tersendiri. Ada yang 40 hari, ada pula yang 3 bulanan. Biasanya untuk tanaman hidroponik sayuran daun masa panennya lebih cepat, yakni sekitar 40 hari. Untuk tanaman hidroponik sauran buah masa panenya sekitar 2-3 bulan.

Dengan mengetahui rahasia bisnis hidroponik pemula maka anda bisa menyesuaikan dengan kondisi dan lahan yang anda miliki dan modal yang telah anda siapkan. Kunci utama adalah tekun dandan tidak mudah menyerah. Terus berusaha saat mengalami kegagalan karena kegagalan adalah kunci keberhasilan.

Demikianlah informasi tentang tips rahasia bisnis hidroponik pemula. semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memulai berbisnis menanam hidroponik. Selamat mencoba…

Previous articleHidroponik Wick System Bagi Pemula
Next article8 Jenis Sistem Hidroponik Yang Perlu Diketahui Bagi Pemula
Penulis di golden farm 99 - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here