Home Hama dan Penyakit Kiat ampuh Membasmi Kutu Daun pada tanaman sawi Pakcoy

Kiat ampuh Membasmi Kutu Daun pada tanaman sawi Pakcoy

487
0
membasmi kutu daun

Blog Golden Farm 99 – Bagi pembudidaya sayuran daun terutama yang menanam sawi pakcoy kebanyakan pernah mengalami kegagalan dimana salah satunya terserang kutu daun yang berwarna putih. Membasmi kutu daun pada tanaman sawi pakcoy sebenarnya tidaklah sulit asal kita mengetahui obatnya dijamin kutu tersebut mati. Salah satu OBAT / pestisida nabati yang manjur yaitu menggunakan Pestisida NATURO yang anda bisa dapatkan di toko – toko pertanian. Salah satu toko yang menjual pestisida tersebut yaitu Golden Farm 99.

Kutu Putih pada Tanaman Sawi Pakcoy

Kutu putih / kutu daun secara seporadis akan merusak tanaman pakcoy yang sudah ditanam dengan susah payah. Kutu putih ini bisa anda jumpai di balik daun sawi pakcoy yang lebar sekilas tidak terlihat jika kita tidak seksama mengamati kutu ini , bentuk yang kecil menjadikan kutu ini sumbunyai dibalik daun . Tanaman yang tidak memakai greenhouse sangat rawan sekali terkena ini kutu. Jadi berhati – hatilah sewaktu merawat tanaman ini. Untuk diawal awal biasanya yang terkena kutu putih ini hanya beberapa tanaman saja tetapi jika tidak segera di buang atau di atasi maka kutu ini akan merembet ke tanaman lainnya sehingga bisa menyebabkan kegagalan total dalam budidaya sawi pakcoy ini terutama mereka yang menggunakan metode hidroponik.

membasmi kutu daun
Pestisida Nabati ( Naturo )

Untungnya saat ini sudah tersedia pestisida yang manjur untuk menghajar kutu putih ini, seperti yang kami singgung diatas yaitu menggunakan pestisida nabati NATURO. Untuk harga nya pun sangat terjangkau tidak hanya untuk mengobat tanaman yang sudah terkena kutu tetapi bisa juga dipakai untuk mencegah hama-hama penyakit lainnya . Jadi mempunyai dua fungsi sebagai pencegahan dan pengobatan. Membasmi kutu daun harus dilakukan secara bertahap dan dievaluasi hasilnya.

Cara membasmi kutu daun pada tanaman pakcoy

Untuk membasmi kutu daun pada tanaman pakcoy lakukan hal – hal berikut ini :

Siapkan alat dan bahan nya

  1. Pestisida Nabati ( Naturo ) – Kemasan 10 g
  2. Gelas Ukur ( Bisa menggunakan Gelas Ukur volume 5 Liter )
  3. Air bersih secukupnya
  4. Semprotan / sprayer

Cara pemakaiannya

Perhatikan dosis yang ada di label kemasan Naturo :

  • Untuk prevention / pencegahan dosisnya 2 gr untuk 1 liter air bersih
  • Untuk infected / yang sudah terinfeksi dosisnya 5 gr untuk 1 liter air bersih

Setelah kita mengetahui dosisnya langkah selanjutnya yaitu mencampurkan nya dengan air bersih ( disini kami tidak membahas secara detail bagaimana cara mencampurkannya ) karna hal ini sangat mudah dilakukan tinggal dicampur air dengan dosis yang sudah ditulis diatas.

Setelah dicampur dengan air maka selanjutnya masukkan campuran pestisida tersebut ke dalam sprayer kemudian semprotkan ke tanaman yang terkena kutu daun atau yang ingin diberikan untuk pencegahan.

Kapan waktu yang tepat untuk menyemprot

Sebaiknya dilakukan di pagi hari sehari 1 kali. Cek secara berkali hasil penyemprotan tadi . Jika kutu putih sudah dirasa berkurang dan mati maka penyemprotan dilakukan secara berkala tidak harus sehari 1 kali artinya bisa 1 minggu 1-3 kali saja. Dan apabila sudah menjelang panen maka penyemprotan harus segera di hentikan 1 minggu menjelang panen tujuannya untuk mengurasi residu obat yang menempel di daun.

Dengan kesimpulan lakukanlah pencegahan sebelum tanaman terinfeksi oleh hama yang bisa merugikan panen petani. mudah – mudahan artikel ” Cara Membasmi Kutu daun ” ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here