Mau kulit anda semakin sehat ? konsumsi sayur selada secara rutin ! Berikut ini manfaat sayuran selada untuk kesehatan

    39
    0
    manfaat sayuran selada

    Golden Farm 99Manfaat sayuran selada untuk kesehatan . Bukan cuma dibuat salad ataupun lalapan saja, ternyata sayuran selada ( lettuce ) memiliki sejuta manfaat, lho. Apakah Anda tahu apa saja manfaat untuk kesehatan? Sayuran ini ternyata memiliki berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Sebelum membahas tentang manfaat sayuran selada, adapun kandungan dari sayuran ini sebagai berikut.

    Kandungan sayuran selada

    Selada merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Namun sayuran selada memiliki sumber vitamin yang baik, seperti vitamin A dan vitamin K yang sangat tinggi. Bahkan, secangkir daun selada bisa memenuhi 85% kebutuhan vitamin A dan 60% memenuhi kebutuhan vitamin K. Adapun nutisi yang terkandung dalam daun selada, yaitu:

    • Kalori
    • Karbohidrat
    • Serat
    • Protein
    • Lemak
    • Mineral
    • Kalsium
    • Fosfor
    • Magnesium
    • Kalium
    • Antioksidan

    Sayuran berdaun hijau ini juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti mineral zat besi, kalium, kalsium, folat, dan serat dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan gizi harian Anda.

    Setelah mengetahui kandungan nutrisi pada tanaman selada. Yuk, kita lanjut dengan membahas tetang manfaat daun selada diantaranya sebagai berikut.

    Manfaat Sayuran Selada Bagi Kesehatan

    Berikut manfaat sayuran selada untuk kesehatan tubuh kita :

    1. Menjaga kesehatan jantung

    Manfaat sayuran selada yang pertama yaitu berkaitan dengan jantung . Daun selada memiliki kandungan folat, berfungsi untuk mengolah asam amino bernama homosistein dalam darah. Jika kadar homosistein dalam darah terlalu tinggi, maka bisa menimbulkan berbagai masalah pada jantung, misalnya peyumbatan pembuluh darah. Kandungan selada ini juga bermafaat mencegah kerusakan sel-sel yang bisa berujung pada penyakit jantung.

    2. Merawat Kecantikan Kulit

    Konsumsi daun selada yang kaya kandungan vitamin A dan vitamin C karena membantu merawat kulit kita agar tampak lebih sehat, kencang, dan lembut. Jika kekurangan asupan vitamin A dapat membuat warna kulit jadi tidak rata atau belang. Sementara itu, kekurangan vitamin C bisa membuat kulit cepat keriput, kendur, dan kusam. Kandungan air yang tinggi dalam daun selada juga bisa menjaga kelembapan kulit Anda secara alami sehingga tidak kering atau bersisik.

    3. Meningkatkan kekebalan tubuh

    Kandungan vitamin dalam daun selada berfungsi untuk menjaga sel-sel imun dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Kandungan vitamin A juga mampu meredakan infeksi, peradangan, serta kerusakan sel.

    4. Mencegah komplikasi kehamilan

    Daun selada ini juga baik dikonsumsi ibu hamil karena kaya akan asam folat. Asam folat sendiri mengandung vitamin B yang dapat membantu membangun DNA dan material genetik.

    Selada juga memiliki kandungan vitamin K berfungsi untuk menjaga agar darah ibu hamil dan janinnya tidak terlalu encer. Vitamin K juga bisa mencegah pendarahan setelah persalinan.

    5. Menjaga kesehatan mata

    Daun selada memiliki kandungan vitamin A. Kekurangan vitamin A bisa meningkatkan risiko glaukoma, katarak, dan menurunnya penglihatan karena proses penuaan. Selada bisa membantu Anda menjaga agar mata senantiasa sehat dan tajam meskipun usia terus bertambah.

    6. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

    Kandungan kalium di dalam sayuran ini dapat mengurangi tekanan darah dengan cara mengurangi efek garam pada makanan. Selain kalium, kandungan mineral lain dalam selada seperti magnesium dan folat juga punya khasiat untuk melancarkan aliran darah. Kalium berperan penting dalam kerja otot jantung sehingga membantu jantung bekerja secara optimal dalam memompa darah.

    7. Melawan infeksi mikroba

    Selada memiliki komponen antimikroba yang berperan dalam melawan berbagai kuman penyebab penyakit di dalam tubuh. Selada memiliki komponen antimikroba seperti terpenes, cardenolides, dan enzim glukanase. Diketahui memiliki potensi untuk menghalau infeksi dari bakteri Escheria coli, penyebab gangguan pencernaan, dan jamur Candida albicans yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan kelamin.

    9. Mencegah kanker

    Selada merupakan sayuran hijau yang kaya kandungan antioksidan sehingga berperan penting dalam memperkuat fungsi sel tubuh. Kandungan antioksidan dalam daun selada di antaranya adalah antosianin, betakaroten, dan vitamin C. Dan dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh.

    10.Baik untuk pencernaan

    Selada merupakan salah satu sayuran yang dapat dijadikan sumber serat untuk pencernaan. Serat di dalam daun ini sangat baik untuk pencernaan, karena dapat mencegah sembelit dan rasa tidak nyaman seperti kembung atau sakit perut.

    11.Manfaat Selada Air untuk Menstabilkan Hormon Tiroid

    Selada dapat menstabilkan hormon tiroid. Kandungan yodium pada selada air dapat mengatur jumlah hormon tiroid, sehingga orang yang mengonsumsinya dapat terhindar dari penyakit gondok atau hipotiroidisme. Kekurangan tiroid yang dapat menyebabkan penyakit, kelebihan hormon juga bisa mengakibatkan tremor atau mudah lelah.

    12. Memperbaiki Kerusakan DNA

    Selada memiliki rasa yang agak pahit, tetapi rasa pahit tersebut rupanya berasal dari senyawa fitokimia. Senyawa tersebut dapat merangsang sistem imun dan melindungi sel dalam tubuh. SSelada memiliki rasa yang agak pahit, tetapi rasa pahit tersebut rupanya berasal dari senyawa fitokimia. Senyawa tersebut dapat merangsang sistem imun dan melindungi sel dalam tubuh. Senyawa ini juga berguna untuk memperbaiki kerusakan DNA pada sel darah putih.

    13. Dapat Menjadi Obat Alami Anemia

    Selada dapat menjadi obat alami anemia karena kandungan zat besi yang tinggi. Dan dibutuhkan tubuh untuk proses sintesis hemoglobin dan produksi asam folat.

    14. Mengatasi Insomnia

    Kandungan dalam sayuran ini mampu menghilangkan kegelisahan dan mengurangi rasa cemas yang terjadi karena memaksakan tidur. Cairan putih yang disebut lactucarium dalam daun ini dapat membuat tubuh dan otak terasa lebih relaks dan membantu mengatasi masalah insomnia.

    15. Dapat Mencegah Obesitas

    Mengonsumsi selada secara rutin dapat mencegah terjadinya obesitas. Sayuran ini dapat melancarkan pencernaan karena memiliki kandungan serat yang terbilang cukup tinggi. Serat yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengeluarkan garam empedu dari tubuh.

    Inilah informasi mengenai manfaat sayuran selada untuk kesehatan. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mengkonsumsi sayuran selada bisa jadi inspirasi buat Anda. Terimakasih.

    Artikel : ” Mau kulit anda semakin sehat ? konsumsi sayur selada secara rutin ! Berikut ini manfaat sayuran selada untuk kesehatan “

    Keyword : Manfaat sayuran selada romaine | manfaat sayuran selada keriting

    Previous article6 Jenis Hama Tanaman Cabai yang perlu di ketahui, NO 1 perlu diperhatikan
    Penulis di golden farm 99 - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here