Mengenal Jenis penyakit pada tanaman tomat dan solusinya

GOLDEN FARM 99 – Penyakit pada tanaman tomat tergolong cukup banyak dan jika tidak segera di atasi bisa menyebabkan kerugian yang fatal bagi para petani tomat. Penyakit tomat banyak disebabkan oleh virus , hama, bakteri dll yang pengendaliannya harus sesuai dengan cara cara yang sudah dianjurkan para ahli. Nah berikut ini jenis penyakit dan solusi penangannya

Tomato Yellow Leaf Curl Virus (TYLCV)

Virus kuning pada tanaman tomat

Atau virus kuning-keriting pada daun tanaman tomat merupakan salah satu anggota dari Virus yang tergolong dalam Suku Geminiviridae, seperti halnya keriting bule pada tanaman cabe. Tanaman yang terinfeksi akan terlihat gejala daun muda mengkerut atau keriting dan berwarna kuning. Sedangkan pada daun tua tidak mengalami penyusutan. Vektor utama virus ini adalah kutu kebul

Belum ada bahan kimia yang mampu membasmi virus ini.

Pengendalian

Pengendalian dapat dilakukan dengan cara mencabut tanaman terserang dan membakarnya. Pengendalian selanjutnya adalah dengan mengendalikan kutu kebul sebagai vektornya. Kutu kebul dapat diatasi dengan penyemprotan akarisida berbahan aktif abamectin.

Virus kuning-keriting pada daun tanaman tomat

Nama ilmiah: Tomato yellow leaf curl virus
Klasifikasi lebih tinggi: Begomovirus
Tingkatan takson: Spesies

Busuk daun

Penyakit busuk daun disebabkan oleh cendawan Phytophthora infestans. Gejala awal penyakit ini adalah terdapat bercak hitam pada ujung daun tomat kemudian meluas mulai dari daun hingga tangkai tanaman. Penyakit ini mudah menyebar terlebih musim hujan dengan tingkat kelembapan tinggi.

busuk daun pada tanaman tomat

Pengendalian

Pengendalian busuk daun dapat dilakukan dengan cara memotong daun / tangkai tanaman yang sudah terkena / terserang. Meski tidak menjamin akan datang lagi tapi kita bisa meminimalisir penyebaran penyakit ini.

Pengendalian secara kimiawi dapat dilakukan dengan penyemprotan fungisida berbahan aktif mankozeb, antracol, score atau starmyl.

Busuk Buah

Ada dua macam cendawan penyebab busuk buah pada tomat. Yang pertama penyakit busuk buah pada tomat disebabkan oleh cendawan Thanatephorus cucumeris. Gejala terlihat dengan adanya bercak kecil berwarna coklat pada buah tomat, lama kelamaan membesar dan cekung, buah menjadi busuk lalu rontok.
Yang kedua disebabkan oleh cendawan Colletotrichum coccodes. Gejalanya terdapat bercak kecil bulat dan berair, yang lama-lama menjadi cekung. Terdapat bercak ungu pada pangkal buah dekat tangkai buah.

busuk buah pada tanama tomat

Pengendalian dilakukan dengan pergantian tanaman, menjaga kebersihan dan membuang serta memusnahkan buah yang terserang. Penyemprotan fungisida dilakukan jika serangan parah, dengan menggunakan fungisida berbahan aktif mankozeb atau kaptafol.

Bercak Daun

Bercak Daun disebabkan oleh cendawan Cercospora capsici, pada daun yang terserang terdapat bintik-bintik bulat dan berwarna hitam kecoklatan. Lama kelamaan daun menguning dan akhirnya rontok.
Pengendalian dilakukan dengan menjaga kebersihan areal budidaya dan penggunaan mulsa plastik pada musim hujan. Pada musim hujan disarankan untuk menanam dengan jarak tidak terlalu rapat agar sirkulasi lancar dan dapat mengurangi kelembaban

bercak daun pada tanaman tomat

Pengendalian kimiawi dapat dilakukan dengan penyemprotan fungisida berbahan aktif mankozeb, antracol, saromyl, score, atau starmyl.

Layu Fusarium

Gejala layu fusarium pada awal serangan dapat ditandai dengan adanya tanaman yang tiba-tiba layu dan akan segar kembali pada sore hari dan pagi hari dan akhirnya mati. Layu fusarium disebabkan oleh cendawan patogen Fusarium oxysporum. Cendawan ini pada awalnya menyerang akar dan lama kelamaan menyerang seluruh bagian tanaman

layu fusarium

Pencegahan dapat dilakukan dengan cara menggunakan benih yang tahan terhadap cendawan Fusarium oxysporum. Budidaya menggunakan mulsa plastik untuk menjaga kelembaban tetap stabil. Cendawan Fusarium oxysporum. berkembang dengan cepat pada musim hujan dengan kondisi kelembaban tinggi. Pencegahan juga dapat dilakukan dengan penggunaan agens hayati Trichoderma sp., mencabut dan membuang serta memusnahkan tanaman terserang #GOLDENFARM99

Referensi : wikipedia, google, nasa, mitalom, Dinas pertanian

admin

Blog yang membahas agribisnis mulai dari hydroponic, organik dan akuaponik www.goldenfarm99.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *