Home Nutrisi Tanaman Mengenal Dan Meracik Nutrisi Hidroponik

Mengenal Dan Meracik Nutrisi Hidroponik

125
0
meracik nutrisi hidroponik

GOLDEN FARM 99 – Pernah mendengar hidroponik ? Apakah pernah terlintas bagaimana meracik nutrisi hidroponik ? Hidroponik adalah salah satu sistem menanam menggunakan air tanpa menggunakan media tanah dengan menekankan nutrisi pada tanaman. Teknik hidroponik banyak diminati karena kemudahannya serta tidak membutuhkan lahan yang luas. Sehingga banyak diminati oleh masyarakat yang memiliki lahan terbatas.

Dalam sistem menanam hidroponik, nutrisi menjadi bagian penting bagi pertumbuhan tanaman. Pemberian nutrisi yang baik akan membuat pertumbuhan tanaman semakin baik pula. Bagi hidroponik, nutrisi hidroponik seperti “nyawa” karena dalam menanam hidroponik tidak menggunakan media tanah melainkan air dan menekankan nutrisi pada tanaman.

nutrisi hidroponik merupakan zat-zat yang dibutuhkan oleh tanaman hidroponik agar dapat tumbuh dengan baik. Tujuan pemberian nutrisi hidroponik adalah menambahkan unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan pada media tanamnya. Keunggulan nutrisi pada hidroponik, semua zat akan terserap kedalam air dan tidak menimbulkan endapan. Di pasaran nutrisi hidroponik dikenal dengan nama AB Mix. Langsung saja yuk kita bahas meracik nutrisi hidroponik

Meracik Nutrisi Hidroponik

Apa itu Nutrisi Hidoponik AB Mix?

Nutrisi AB Mix adalah salah satu nutrisi yang dikenal dalam menanam hidroponik. Penamaan ini diambil dari dua jenis nutrisi yang digunakan. Tujuannya agar dapat mengingat apa saja nutrisi dalam hidroponik. Yuk, mari kita mengenal nutrisi hidroponik AB Mix.

Pengertian Dalam Nutrisi AB Mix

Nutrisi AB Mix ada dua kemasan yaitu nutrisi A dan nutrisi B. Nutrisi A mewakili unsur makro dan nutrisi B mewakili unsur mikro. Ada beberapa kandungan pada unsur makro N (nitrogen), P (fosfor), K (kalium, Mg (magnesium), dan lain sebagainya. Dan pada kandungan unsur mikro diantaranya Fe (besi), Cu (tembaga), Cl (khlor), dan lainnya.

Nutrisi AB Mix ada dua jenis, dalam bentuk cairan dan butiran. Tetapi banyak yang menggunakan butiran karena lebih murah dan jika diracik sendiri dapatnya lebih banyak. Tapi jika anda yang tidak mau ribet bisa beli nutrisi dalam bentuk cair ya.

Cara Meracik Nutrisi Hidroponik AB Mix

Berikut langkah-langkah meracik butiran nutrisi AB Mix sebagai berikut:

  • Siapkan 2 botol bekas air mineral 600 ml.
  • Isi masing-masing botol dengan air sebanyak 500ml.
  • Beri tanda panah pada masing-masing botol untuk mengetahui batas air.
  • Sisihkan 1/3 bagian airnya dari masing-masing botol.
  • Siapkan nutrisi A dan nutrisi B. Masukkan nutrisi A kedalam botol pertama dan masukkan nutrisi B ke dalam botol ke dua. Kemudian kocok botol yang berisi nutrisi sampai larut.
  • Masukkan kembali air yang disisihkan tadi sebatas tanda pada botol tadi. Jika masih tersisa, maka sisanya dibuang jangan dimasukkan walaupun sedikit.

Note: Untuk takaran pencampuran nutrisi dengan air silahkan lihat di label nutrisinya ya.

Tahap Pencampuran Nutrisi ke dalam Wadah Penampung

Setelah melakukan langkah-langkah meracik nutrisi AB Mix, Nutrisi hidroponik siap digunakan. Selanjutnya, tahap pencampuran nutrisi ke dalam wadah penampung pada sistem hidroponik sebagai berikut:

  • Siapkan wadah penampung nutrisi sesuai jenis sistem hidroponik yang dibuat.
  • Buat nutrisi awal dengan pebandingan 1:3:3, yaitu campurkan 1 liter air yang sudah dituangkan ke dalam wadah penampung nutrisi pada sistem hidroponik dengan cara menambahkan 3 ml larutan A dan 3 ml larutan nutrisi B. Melalui komposisi tersebut, maka diperoleh larutan dengan kepekatan 500 ppm.
  • Naikkan ppm larutan nutrisi dengan cara menambahkan 1 ml larutan nutrisi A dan 1 ml larutan nutrisi B. Penambahan larutan nutrisi ini akan menaikkan kepekatan sebesar 130 ppm.

Mengenal dan meracik nutrisi hidroponik sangat mudah bukan! untuk itu kita bisa mendapatkan nutrisi yang baik dan akan mendapat pertumbuhan pada tanaman semakin baik juga. Yang perlu kita perhatikan seperti mengenal terlebih dahulu nutrisi AB Mix, cara meracik nutrisi AB Mix juga harus tepat, dan langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mencampurkan nutrisi kedalam wadah penampung pada sistem hidroponik.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, tentang mengenal dan meracik nutrisi hidroponik ABMix. Selamat mencoba, Semoga berhasil dan mendapatkan hasil yang baik dari meracik nutrisi AB Mix. Terimakasih

ARTIKEL MERACIK NUTRISI HIDROPONIK

Previous articlepH meter sebagai alat ukur tingkat keasaman nutrisi
Next articleHidroponik Wick System Bagi Pemula
Penulis di golden farm 99 - Menyukai dunia blogging, menyukai berkebun dan ingin menuliskan apa yang kami tahu lewat blog ini . Mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here